PENGARUH PEMBELAJARANBERBANTU E-LEARNING SCHOOLOGY PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI KELAS X TPMI SMK MA’ARIF 4 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015

Tika Ratna Cipta Diani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan e-learning schoology yang memuatpower point didalamnya pada materi perbandingan trigonometri menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada penggunaan alat peraga papan kuadran trigonometri pada siswa kelas X TPMI semester II SMK Ma’arif 4 Kebumen tahun pelajaran 2014/ 2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TPMI SMK Ma’arif 4 Kebumen tahun pelajaran 2014/2015. Dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan  adalah tes prestasi belajar matematika. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t. Uji hipotesis dengan taraf signifikansi 0,05 didapatkan  = 1,69 dan  = 1,67. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa e-learning schoology yang terdapat power point didalamnya pada materi perbandingan trigonometri menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada penggunaan alat peraga papan kuadran trigonometri pada siswa kelas X TPMI SMK Ma’arif 4 Kebumen tahun pelajaran 2014/ 2015.

 

Kata kunci: Schoology,papan kuadran, STAD, prestasi


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i2.2725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.