PENGARUH TWO STAY TWO STRAY KOMBINASI VISUAL AUDITORY KINESTETHIC TERHADAP KREATIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kreativitas dan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS kombinasi VAK lebih baik daripada metode ceramah. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, metode angket, metode observasi dan metode tes. Instrumen yang digunakan adalah angket, lembar observasi dan soal tes. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji multivariat dan dilanjutkan dengan uji univariat secara terpisah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas dan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS kombinasi VAK lebih baik daripada metode ceramah.
Kata Kunci : TSTS, VAK, kreativitas, pemahaman konsep
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i2.2721
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.