PENGARUH TWO STAY TWO STRAY KOMBINASI VISUAL AUDITORY KINESTETHIC TERHADAP KREATIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Wiwit Eli Endrayani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kreativitas dan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS kombinasi VAK  lebih baik daripada metode ceramah. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, metode angket, metode observasi dan metode tes. Instrumen yang digunakan adalah angket, lembar observasi dan soal tes. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji multivariat dan dilanjutkan dengan uji univariat secara terpisah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas dan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS kombinasi VAK  lebih baik daripada metode ceramah.

 

Kata Kunci : TSTS, VAK, kreativitas, pemahaman konsep

 


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i2.2721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.