PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW)

Abdul Kholil

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses pelaksanaan pembelajaran matematika dengan pembelajaran kooperatif tipe TTW dan (2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII A SMP Negeri I Bonorowo tahun pelajaran 2014/2015 setelah mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif tipe TTW. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan (1) pembelajaran TTW berjalan dengan baik dengan terlaksananya unsur terpenting dari pembelajaran TTW. (2) adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal ini dilihat dari: sebagian besar siswa pada siklus II, telah mampu menuliskan ide-ide matematika dari persoalan dengan baik dibandingkan pada siklus I; sebagian besar siswa pada siklus II, telah mampu menghubungkan benda di sekelilingnya ke persoalan matematika dibandingkan pada siklus I; sudah banyak siswa pada siklus II atau kelompok yang berani mempresentasikan hasil diskusi mereka dan kelompok lain menanggapinya jika dibandingkan pada siklus I; dan secara umum pada siklus II sudah mampu menyatakan dengan baik peristiwa sehari-hari yang berkaitan dengan materi yang disajikan dibandingkan pada siklus I.

 

Kata kunci: komunikasi matematis, TTW


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i2.2718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.