KOMPETENSI GURU MATEMATIKA SMP NEGERI DI KECAMATAN GOMBONG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Nella Kurniawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kompetensi pedagogik; (2) kompetensi kepriba-dian; dan (3) kompetensi profesional guru matematika SMP Negeri di Kecamatan Gombong ta-hun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Instrumen berupa lembar obser vasi, catatan lapangan/pengamatan, perekam suara, dan kamera digital. Diperoleh hasil peneli-tian bahwa (1) kompetensi pedagogik guru, mampu berkomunikasi lisan maupun tulisan de-ngan jelas, memberikan penguatan dan pemahaman terhadap peserta didik, cukup dalam kete rampilan bertanya dan mengelola kelas, jarang memberi motivasi, terampil dalam melaksana-kan pembelajaran dengan metode ekspositori yang sering digunakan, memanfaatkan teknologi dalam mengajar, serta memberi evaluasi berupa soal latihan dan PR; (2) kompetensi kepribadi-an meliputi guru telah berpenampilan rapi dan sopan, bertutur kata baik, memberikan kesem-patan yang sama pada siswa, sabar dalam memberikan penjelasan; dan (3) kompetensi profe-sional guru meliputi guru telah menguasai bahan pembelajaran, mengembangkan materi pem-belajaran secara kreatif, memiliki kesadaran waktu, dan menggunakan media pembelajaran, namun belum melibatkan siswa dalam penggunaannya.

 

Kata kunci: kompetensi, pedagogik, kepribadian, profesional


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i2.2717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.