STUDI KOMPARASI PRESTASI SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DAN DIRECT INSTRUCTION DALAM MATERI SEGIEMPAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi siswa yang diberi perlakuan dengan model reciprocal teaching lebih baik daripada prestasi siswa dengan model direct instruction dalam materi segiempat kelas VII SMP Negeri 15 Purworejo tahun pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMPN 15 Purworejo yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa sebanyak 128. Kemudian dilakukan pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, didapat kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu kuis dan post-test. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Chi kuadrat. Uji hipotesis menggunakan uji-t ekor kanan dan menunjukkan hasil sebesar dansebesar . Karena lebih besar dari , maka H0 ditolak, sehingga disimpulkan bahwa prestasi siswa dengan model reciprocal teaching lebih baik daripada prestasi siswa dengan model direct instruction dalam materi segiempat kelas VII SMP Negeri 15 Purworejo tahun pelajaran 2014/2015.
Kata kunci: reciprocal teaching, direct instruction, prestasi belajar, segiempat
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i2.2716
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.