PROFIL BERPIKIR SISWA SMP DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA POKOK BAHASAN GARIS DAN SUDUT BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA DITINJAU DARI AVERSITY QUOTIENT

Tri Andari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil berpikir siswa SMP dalam menyelesaikan permasalahan matematika pokok bahasan garis dan sudut berdasarkan langkah-langkah Polya ditinjau dari AdversityQuotient. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Siswa dengan tingkat AdversityQuotient tinggi belum tentu tergolong pada kategori profil berpikir yang tinggi pula, tingkat AdversityQuotient siswa tidak serta merta dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, yang lebih menentukan prestasi belajar siswa adalah IQ. (2) Siswa dengan tingkat AdversityQuotient rendah secara umum memiliki profil berpikir yang kurang karena siswa tersebut tidak mampu menentukan operasi hitung, konsep, strategi, serta tidak mampu mengevaluasi alternatif jawaban yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal. (3) Profil berpikir dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika tidak serta merta berkaitan dengan tingkat AdversityQuotient, namun tingkat AdversityQuotient yang tinggi dapat membuat siswa untuk lebih giat dalam belajar dan ulet dalam menghadapi soal.

 

Kata kunci:  berpikir, pemecahan masalah, AdversityQuotient


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i2.2715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.