KONSEPSI SISWA TENTANG SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH DI SMA YPI TUNAS BANGSA PALEMBANG

Rina Anggraini

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan konsepsi siswa SMA YPI Tunas Bangsa tentang soal-soal pemecahan masalah, meliputikarakteristik, langkah-langka, dan strategi soalpemecahan masalah. Subjek penelitian  adalah enam orang siswa kelas XI IPA 1 SMA YPI Tunas Bangsa Palembang. Instrumen penelitianterdiri dari tes uraian dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan:siswa berkonsepsi bahwa soal pemecahan masalah merupakan soal yang jarang ditemui atau tidak rutin dan membutuhkan perhitungan;siswa dapat menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan dari soal hanya soal yang mereka yakin bisa diselesaikan dan jawabannya benar;sebagian besar siswa mampu mengikuti langkah ketiga pemecahan masalah dan mampu  memeriksa kembali hasil jawabannya pada soal-soal yang mereka bisa selesaikan; strategi yang digunakan siswa yaitumembuat pola, membuat gambar, menebak dan memeriksa serta menggunakan logika dalam menyelesaikan masalah; siswa yang yakin dengan jawabannya akan cenderung tidak mencoba cara lain atau strategi lain dalam menyelesaikan masalah.

 

Kata Kunci: Konsepsi siswa, soal-soal pemecahan masalah matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i2.2714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.