ASPEK KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM DALAM SOAL UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMP TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek kognitif, Standar Kompetensi Lulusan, penyebaran materi ajar dalam soal Ujian Nasional matematika SMP tahun pelajaran 2013/ 2014 menggunakan taksonomi Bloom aspek kognitif. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dengan menggunakan taksonomi Bloom aspek kognitif yaitu 10% (4 soal) memiliki tipe C1/ pengetahuan; 17,5% (7 soal) memiliki tipe C2/ pemahaman; 32,5% (13 soal) memiliki tipe C3/ aplikasi; dan 40% (16 soal) memiliki tipe C4/ analisis. Akumulasi standar kompetensi pada materi bilangan sebanyak 20% (8 soal); aljabar sebanyak 30% (12 soal); geometri dan pengukuran sebanyak 27,5% (11 soal); geometri sebanyak 10% (4 soal); dan statistik dan peluang sebanyak 12,5% (5 soal). Penyebaran materi ajar pada setiap kelas yaitu 27,5% (11 soal) kelas VII; 35% (14 soal) kelas VIII; dan 37,5% (15 soal) kelas IX.
Kata kunci: aspek kognitif, Ujian Nasional, Standar Kompetensi
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i2.2712
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.