PENGARUH STRATEGI REACT SETTING NHT TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS SISWA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Wiji Artami

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui disposisi matematis siswa dan kemampuan pemecahan masalah yang menggunakan strategi REACT setting NHT lebih baik daripada metode ceramah. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode angket, metode observasi, dan metode tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar angket, lembar observasi, dan lembar tes. Pengujian prasyarat keseimbangan menggunakan Lilliefors untuk pengujian normaltias dan Bartlett untuk pengujian homogenitas. Pengujian keseimbangan menggunakan uji t. Pengujian prasyarat hipotesis menggunakan Lilliefors untuk pengujian normaltias dan Bartlett untuk pengujian homogenitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji beda rataan multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disposisi matematis siswa dan kemampuan pemecahan masalah melalui pembelajaran kontekstual strategi REACT setting NHT lebih baik daripada metode ceramah.

 

Kata kunci: Strategi REACT setting NHT, disposisi matematis, kemampuan pemecahan masalah

 


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i1.2710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.