PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Risala Nur Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) hubungan kesiapan belajar terhadap prestasi belajar matematika, (2) hubungan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika, (3) hubungan kesiapan belajar terhadap kepercayaan diri dan (4) hubungan kesiapan belajar dan kepercayaan diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika.Hasil analisis korelasi momen produk Karl Pearson menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar terhadap prestasi belajar matematika sebesar  tergolong sedang, (2) terdapat  hubungan yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika sebesar  tergolong kuat, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar terhadap kepercayaan diri sebesar  tergolong sedang dan (4)  terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar dan kepercayaan diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika sebesar  tergolong sangat kuat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kesiapan belajar dan kepercayaan diri berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri.

Kata kunci: kesiapan belajar, kepercayaan diri , prestasi belajar matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i1.2704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.