MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 SRUWENG MENGGUNAKAN PENDEKATAN INVESTIGASI
Abstract
dapat meningkatkan kemampuan penalaran dan prestasi belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Sruweng. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII A SMP Negeri 1 Sruweng. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Instrumen penelitian menggunakan soal tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase dan rataan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan penalaran dan prestasi belajar matematika di kelas VII A SMP Negeri 1 Sruweng meningkat dari pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Persentase ketuntasan tes kemampuan penalaran pra siklus sebesar 53,12%, siklus I sebesar 59,37%, dan siklus II sebesar 81,25%. Ketuntasan prestasi belajar meningkat dari siklus I sebesar 65,62% dan siklus II menjadi 87,50%. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan investigasi dapat meningkatkan kemampuan penalaran dan prestasi belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Sruweng tahun pelajaran 2014/2015.
Kata kunci: penalaran, prestasi , investigasi
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i1.2701
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.