PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MACULTA PADA MATERI TRIGONOMETRI BERBASIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI SMA NEGERI 1 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2014/2015

Joko Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kondisi media pembelajaran di sekolah, 2) mengetahui tingkat kebutuhan media pembelajaran MACULTA pada pembelajaran, 3) mengetahui proses pengembangan media pembelajaran MACULTA menggunakan model pembelajaran kooperatif, dan 4) mengetahui bagaimana tingkat keefektifan media pembelajaran matematika MACULTA berbasis pembelajaran kooperatif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yakni mengembangkan media pembelajaran MACULTA berbasis pembelajaran kooperatif pada subyek penelitian yakni siswa SMA Negeri 1 Purworejo tahun pelajaran 2014/2015. Pengumpulan data  menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Pelaksanaan penelitian pengembangan ini mengikuti langkah model ADDIE yakni meliputi tahapan: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Berdasarkan analisis terhadap seluruh data yang didapat, diperoleh bahwa 1) sekolah penelitian belum mempunyai cukup media pembelajaran, 2) media pembelajaran MACULTA  dibutuhkan di sekolah penelitian, 3) pengembangan media pembelajaran menggunakan model ADDIE, dan 4) tingkat keefektifan media pembelajaran MACULTA sebesar 76,7 %.

 

Kata kunci: pengembangan, keefektifan media, media pembelajaran, MACULTA


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i1.2698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.