PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR SETTING TGT UNTUK PENINGKATAN PARTISIPASI DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi, kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar serta korelasi antara partisipasi dan kemampuan komunikasi matematis terhadap prestasi belajar melalui penerapan model pembelajaran AIR Setting TGT. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, metode tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan butir soal tes. Analisis data dengan menggunakan persentase dan rerata. Rata-rata persentase partisipasi siswa meningkat dari 66,92% menjadi 77,18%. Rata-rata kemampuan komunikasi matematis meningkat dari 70,99 menjadi 78,90. Sedangkan rata-rata prestasi belajar meningkat dari 69,38 dengan ketuntasan klasikal 61,54% menjadi 75,30 dengan ketuntasan klasikal 76,92%. Dalam penelitian ini terdapat korelasi yang sangat kuat antara partisipasi dan kemampuan komunikasi matematis terhadap prestasi belajar siswa yaitu sebesar 0,83 pada siklus 1 dan 0,93 pada siklus 2. Jadi, ketika partisipasi belajar dan kemampuan komunikasi matematis meningkat maka prestasi belajar siswa juga meningkat.
Kunci kata: AIR Setting TGT, partisipasi, komunikasi matematis, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i1.2697
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.