EKSPERIMENTASI STRATEGI GENIUS LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PLSV DAN PtLSV TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan strategi Genius Learning lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model konvensional pada materi PLSV Dan PtLSV. Ini dilakukan sebagai salah satu upaya pengembangan pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar dan kualitas pembelajaran matematika. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs AN NAWAWI Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 226 siswa dan terbagi dalam 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling dengan melakukan undian per kelas untuk menentukan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 responden yang terbagi 34 responden dalam kelompok eksperimen dan 28 siswa dalam kelompok kontrol. Instrumen penelitian ini berupa tes prestasi belajar matematika materi PLSV dan PtLSV dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen bentuk pre-experimental designs tipe one-shot case study. Pengujian hipotesis menggunakan uji rataan t hipotesis pihak kanan. Sebelum data penelitian yang diperoleh dianalisis, dilakukan uji prasyarat analisis variansi yaitu uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett dengan taraf signifikansi 0,05. Dari hasil analisis data diperoleh tobs = 3,89, dan ttabel = t(0,05)(48) = 1,645, maka DK = {t | t > 1,645}. Karena tobsDK maka H0 ditolak dan H1 diterima.Uji hipotesis ini menunjukkan bahwaprestasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan strategi Genius Learning lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model konvensional pada materi PLSV dan PtLSV siswa kelas VII MTs AN NAWAWI Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015.
Kata kunci: Genius Learning, konvensional, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v17i1.2393
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.