EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) MATERI HIMPUNAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 AMBAL KABUPATEN KEBUMEN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa pada materi himpunan dengan model pembelajaran TAI lebih baik jika dibandingkan dengan model STAD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ambal tahun pelajaran 2014/ 2015 yang berjumlah 260 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen I yang berjumlah 29 siswa dan siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen II yang berjumlah 29 siswa. Uji prasyarat analisis menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas, uji bartlett untuk uji homogenitas dan Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t-student Dengan = 0,05. Dari data prestasi belajar tersebut dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas variansi. Dengan diperoleh kedua kelompok tersebut normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji . Dengan menunjukkan sehingga ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa pada materi himpunan dengan model pembelajaran TAI lebih baik jika dibandingkan dengan model STAD.
Kata kunci: TAI, STAD, prestasi belajar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa pada materi himpunan dengan model pembelajaran TAI lebih baik jika dibandingkan dengan model STAD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ambal tahun pelajaran 2014/ 2015 yang berjumlah 260 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen I yang berjumlah 29 siswa dan siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen II yang berjumlah 29 siswa. Uji prasyarat analisis menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas, uji bartlett untuk uji homogenitas dan Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t-student Dengan = 0,05. Dari data prestasi belajar tersebut dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas variansi. Dengan diperoleh kedua kelompok tersebut normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji . Dengan menunjukkan sehingga ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa pada materi himpunan dengan model pembelajaran TAI lebih baik jika dibandingkan dengan model STAD.
Kata kunci: TAI, STAD, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v17i1.2382
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.