MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR MELALUI METODE KONTEKSTUAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prsetasi belajar matematika siswa kelas IV SDN Kedungwaru Kebumen tahun pelajaran 2013/2014 pada materi Bangun Ruang dengan menggunakan metode kontekstual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 22 siswa kelas IV SD Negeri Kedungwaru, Karangsambung, Kebumen. Objek dalam penelitian ini adalah keseluruhan proses dan hasil belajar matematika khususnya materi bangun datar kubus dan balok. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi, angket kreativitas siswa dan soal pilihan ganda hasil belajar setiap siklus. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kulitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan kreativitas belajar siswa di kelas IV Negeri Kedungwaru, Karangsambung, Kebumen. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai siswa belajar pada siklus I yaitu 61,4 dengan persentase ketuntasan 45,5% dan meningkat pada siklus II dengan perolehan rata-rata nilai hasil belajar sebesar 85 dengan persentase ketuntasan 95,5%. Sejalan dengan hasil belajar siswa, kreativitas siswa juga mengalami peningkatan rata-rata kreativitas belajar dengan menggunakan metode kontekstual pada siklus I sebesar 57,7% dan meningkat pada siklus II dengan perolehan rata-rata kreativitas belajar mencapai 71,1%. Hasil observasi juga menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan peningkatan rata-rata hasil observasi pada siklus I sebesar 68,18% dan meningkat pada siklus II dengan perolehan rata-rata observasi belajar mencapai 81,52%.
Kata kunci: prestasi belajar, kreativitas, metode kontekstual
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v17i1.2381
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.