PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER I SMP IT ULUL ALBAB PURWOREJO TAHUN AJARAN 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan dari kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar matematika siswa, (2) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan dari motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, (3) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan dari kecerdasan spiritual dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII semester I SMP IT Ulul Albab Purworejo tahun ajaran 2014/2015. Materi pelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah aljabar. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP IT Ulul Albab Purworejo semester I tahun 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 2 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes untuk mengetahui prestasi belajar matematika, sedangkan metode angket untuk mengetahui kecerdasan spiritual dan motivasi belajar. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi linear ganda. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan hasil yaitu: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan dari kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar matematika siswa sebesar 0,33 berada dalam kategori rendah, (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan dari motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa sebesar 0,29 berada dalam kategori rendah, (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan dari kecerdasan spiritual dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII semester I SMP IT Ulul Albab Purworejo tahun ajaran 2014/2015 sebesar 0,37 berada dalam kategori rendah. Dengan demikian ini berarti kenaikan dan penurunan prestasi belajar matematika berkaitan dengan tinggi rendahnya kecerdasan spiritual dan motivasi belajar.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v17i1.2379
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.