UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE PEMBELAJARAN STAD SISWA KELAS V SD NEGERI KARANG TAWANG 01 TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Sutarti . .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Karang Tawang 01 Tahun Pelajaran 2013/2014. Subyek penelitian semua siswa kelas V SD Negeri Karang Tawang 01 yang berjumlah 35 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik presentase dianalisis secara kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa minat siswa pada siklus I sebesar 65,92% dan pada siklus II sebesar 89,59%. Berdasarkan pengamatan tersebut menunjukkan ada peningkatan minat siswa sebesar 23,67%, selama proses pembelajaran berlangsung. Pada siklus I, persentase minat siswa adalah 65,92 % dan dikategorikan kurang baik. Pada siklus II, persentase minat siswa adalah 89,59%. dan dikategorikan sangat baik. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I adalah 59,56 dan pada siklus II meningkat menjadi 64,33. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Karang Tawang 01.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i3.2349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.