EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) KOMBINASI MAKE A MATCH DITINJAU DARI GENDER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) apakah hasil belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran NHT kombinasi Make a Match lebih baik daripada siswa yang dikenai model pembelajaran Discussion Group pada materi persamaan garis lurus; (2) apakah hasil belajar matematika siswa laki-laki lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa perempuan pada materi persamaan garis lurus; (3) apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gender terhadap hasil belajar matematika pada materi persamaan garis lurus. Penelitian ini menggunakan desain penelitian ekperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Poncowarno berjumlah 8 kelas, dengan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen, kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan uji hipotesis dengan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dapat disimpulkan bahwa (1) hasil belajar matematika siswa yang diberi model pembelajaran NHT kombinasi Make a Match lebih baik daripada siswa yang diberi model pembelajaran Discussion Group, begitu juga pada masing-masing gender; (2) hasil belajar siswa perempuan lebih baik daripada hasil belajar siswa laki-laki, begitu juga pada kedua model pembelajaran; (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan jenis gender terhadap hasil belajar matematika pada materi persamaan garis lurus.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i3.2255
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.