MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING

Sri Wijiastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika dan hasil belajar matematika melalui penggunaan pendekatan Reciprocal Teaching pada siswa kelas VIII A MTs Negeri Prembun Tahun Pelajaran 2014/2015. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Negeri Prembun tahun pelajaran 2014/2015. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi dan angket kemandirian belajar siswa, serta tes hasil belajar siswa. Analisis data dilaksanakan secara kualitatif untuk menganalisis lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dan secara kuantitatif untuk menghitung persentase lembar observasi dan angket, serta persentase hasil belajar siswa, dan rerata hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Reciprocal Teaching dapat meningkatkan kemandirian belajar matematika dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII A MTs Negeri Prembun Tahun Pelajaran 2014/2015.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i3.2254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.