MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII B SMPN 43 PURWOREJO

Wahyu Andista

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemandirian dan hasil belajar dalam pembelajaran matematika melalui penggunaan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas VII B SMPN 43 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahap setiap siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMPN 43 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi dan angket kemandirian belajar siswa, serta tes hasil belajar siswa. Analisis data secara deskriptif kuantitatif menggunakan persentase untuk menghitung persentase data observasi, angket, serta ketuntasan belajar siswa, dan analisis kuantitatif menggunakan rerata untuk menghitung rerata hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar dan hasil belajar dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII B SMPN 43 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014 meningkat setelah dikenai pembelajaran dengan PBL.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i3.2253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.