EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BROKEN TRIANGLE/SQUARE/HEART TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Budiono . .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran Broken Triangle/Square/Heart lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional pada materi relasi dan fungsi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kutowinangun tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen jenis Quasi Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kutowinangun tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah siswa sebanyak 97 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah dua kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Uji prasyarat analisis data terdiri dari uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Analisis data menggunakan uji hipotesis ekor kanan dengan uji t. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t dengan α = 0,05 menunjukkan tobs sebesar 2,024 lebih besar dari ttabel sebesar 1,669 sehingga H0 ditolak maka kesimpulannya, adalah prestasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran Broken Triangle/Square/Heart lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional pada materi relasi dan fungsi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kutowinangun tahun pelajaran 2014/2015.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i3.2251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.