DESKRIPSI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah strategi pembelajaran yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik, Index Card Match atau ekspositori. Pada penelitian ini materi yang digunakan yakni materi perbandingan. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTs Ma’arif NU Purworejo tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa menggunakan teknik sampling nonprobability yaitu dengan sampel jenuh. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar keterlaksanaan observasi dan tes prestasi belajar. Tes yang digunakan telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Selanjutnya dilakukan analisis data secara deskriptif baik dengan analisis kualitatif pada pelaksanaan pembelajaran maupun analisis kuantitatif dengan membandingkan rata-rata prestasi belajar kedua kelompok yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Index Card Match menjadikan siswa lebih bersungguh-sungguh, nyaman, dan aktif selama proses pembelajaran. Rata-rata siswa yang mendapat strategi pembelajaran aktif Index Card Match 80,33 lebih baik daripada strategi pembelajaran ekspositori 77. Jadi dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang dikenai strategi pembelajaran aktif Index Card Match lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang dikenai strategi pembelajaran ekspositori.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i3.2249
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.