STUDI KOMPARASI METODE PROBLEM SOLVING DAN PROBING PROMPTING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MTs NEGERI PURWOREJO

Asminah . .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi mana yang lebih baik antara kelas yang diberi perlakuan dengan metode problem solving dan probing prompting pada materi kubus dan balok siswa kelas VIII MTs Negeri Purworejo. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Purworejo yang terdiri dari delapan kelas. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII A dan kelas VIII G yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan uji normalitas dengan model liliefors, uji homogenitas dengan uji bartlet dan uji hipotesis menggunakan uji-t (uji pihak kanan). Berdasarkan uji beda rerata (uji pihak kanan) dengan n1 = 29, n2= 29, taraf signifikansi 5% dan DK = 56 diperoleh thitung = 0,189 > ttabel = 0,167, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode problem solving memberikan prestasi yang lebih baik dibandingkan metode probing prompting.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i3.2248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.