PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DIMODIFIKASI DENGAN KOMPETISI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran NHT kelas XI-XII IPA 2 di SMA 1 Wadaslintang Tahun Pelajaran 2013/2014-2014/2015. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dimodifikasi dengan kompetisi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif yang dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keaktifan siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 64,00% dengan kategori cukup dan meningkat menjadi 84,00% pada siklus II dengan kategori baik. Selain itu hasil belajar juga meningkat, pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 56,00% dengan rata-rata 72,68 sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 72,00% dengan rata-rata 76,28.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i3.2246
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.