STUDI PERBANDINGAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran PBL lebih baik daripada prestasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran NHT Kelas X Jurusan Multimedia SMK Ma’arif 1 Kebumen Tahun Ajaran 2014/2015 prestasi yang di maksudkan pada pokok bahasan relasi dan fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Multimedia SMK Ma’arif 1 Kebumen Tahun Ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X Multimedia A sebagai kelas eksperimen I dan kelas X Multimedia B sebagai kelas eksperimen II. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji-t disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika menggunakan model pembelajaran PjBL lebih baik daripada prestasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran NHT pada pokok bahasan relasi dan fungsi Kelas XJurusan Multimedia SMK Ma’arif 1 Kebumen Tahun Ajaran 2014/2015.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i3.2243
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.