EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN AIR DAN RESITASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran AIR lebih baik dari pada model pembelajaran resitasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Sapuran Tahun 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda. Uji hipotesis menggunakan rumus t dengan uji prasyaratnya menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari perhitungan diperoleh bahwa populasi berdistribusi normal dan variansi populasi homogen. Kemudian dilakukan uji keseimbangan, hasil perhitungan uji keseimbangan diperoleh nilai . Dengan dan = 65, diperoleh . Dengan demikian , artinya populasi memiliki kemampuan awal yang sama. Dari perhitungan hasil uji Hipotesis menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran AIR lebih baik dari model pembelajaran resitasi pada materi bangun ruang sisi datar prisma dan limas tegak kelas VIII SMP Negeri 1 Sapuran tahun ajaran 2013/2014.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i2.2242
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.