PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN METODE ACTIVE LEARNING TYPE TEAM QUIZ
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode team quiz pada pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII B SMP Negeri 34 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B semester 2 SMP Negeri 34 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) metode team quiz dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 34 Purworejo yaitu dilihat dari rerata persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I mencapai 63,59%, pada siklus II mencapai 75,32%, (2) metode team quiz dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII B SMP Negeri 34 Purworejo yaitu dilihat dari rerata prestasi belajar matematika siswa mencapai 74,66 pada siklus I dan 81,47 pada siklus II.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i2.2240
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.