PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII A MTs Miftahul Huda.Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) dilaksanakan selama 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan 2 metode, yaitu metode observasi dan metode tes. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Presentase keaktifan belajar siswa pada siklus I yaitu 43,30% dengan kriteria kurang sekali, dan pada siklus II kriteria kekatifan belajar siswa menjadi baik yaitu sebesar 76,67%. Sedangkan ketuntasan prestasi belajar pada saat prasiklus yaitu 40% pada siklus I prestasi belajar siswa meningkat yaitu 53,30% dengan kriteria kurang dan pada siklus II peningkatan prestasi belajar siswa mencapai 80% dengan kriteria baik. Jadi penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika kelas VII A MTs Miftahul Huda pada pokok bahasan segitiga dan segiempat.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i2.2239
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.