STUDI PERBANDINGAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN LKS DENGAN MODEL EKSPOSITORI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping berbantuan LKS dapat memberikan prestasi belajar yang lebih baik daripada model ekspositori dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karanganyar. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIIE dan kelas VII F, yang tentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Desain penelitian ini adalah quasi experimental design. Instrumen penelitian menggunakan tes pilihan ganda yang berjumlah 17 butir soal. Uji hipotesis menggunakan uji t. Dengan α=0.05 menunjukan t_hitung=1.7198 dan t_tabel=1.6698. Hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model mind mapping berbantuan LKS menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model ekspositori pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i2.2237
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.