UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK

Ellys Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan keaktifan belajar matematika menggunakan metode Talking Stick pada siswa kelas VII B SMP N 25 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP N 25 Purworejo sejumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan tes sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar angket minat dan tes prestasi belajar yang terdiri dari 10 soal sedangkan teknik analisis data adalah perhitungan rata-rata dan persentase. Penelitian menunjukkan persentase rerata hasil angket minat belajar, hasil observasi keaktifan belajar maupun hasil belajar dari siklus I ke siklus II meningkat. Hasil observasi menunjukkan rerata minat belajar pada siklus I adalah 73,96% dalam kategori cukup meningkat menjadi 79,38% pada siklus II. Rerata persentase keaktifan belajar pada siklus I adalah 66,41% meningkat menjadi 75,39% pada siklus II. Hasil belajar matematika siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 37,55% dalam kriteria kurang dengan rata-rata nilai 65,32 pada siklus I, meningkat menjadi 78,135% dalam kriteria baik dengan rata-rata nilai 75,78 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Talking Stick dapat meningkatkan minat dan keaktifan belajar siswa kalas VII B SMP N 25 Purworejo.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i2.2236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.