EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION MATERI SEGI TIGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MIRIT TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Tri Yuwono

Abstract


Penelitian ini bertujuan Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan yang diharapkan adalah Untuk mengetahui manakah yang memberikan prestasi lebih baik antara siswa yang diterapkan menggunakan model TAI (Team Assisted Individualization) atau dengan model konvensional.Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Mirit tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian berjumlah 60 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes belajar pilihan ganda matematika. Menghasilkan model pembelajaran TAI lebih baik di bandingkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi segitiga pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mirit tahun pelajaran 2012/2013. terlihat nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 85,3125 dan nilai rata-rata dari kelas kontrol adalah 55,9375. Dan hasil perhitungan t_obs=10,22 dan t_tabel=1,96 , maka terlihat bahwa t_obs≥t_tabel, dapat ditarik kesimpulan bahwa prestasi belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran TAI lebih baik di bandingkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi segitiga siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mirit tahun pelajaran 2012/2013.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i2.2231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.