PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) MENGGUNAKAN LKS

Jamhari Fatturohman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) menggunakan LKS dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII D SMP Negeri 17 Purworejo tahun pelajaran 2014/2015. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D semester I SMP Negeri 17 Purworejo tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 28 siswa. Obyek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran TGT pada pembelajaran matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, dan tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT dapat meningkatkan minat belajar siswa yaitu dilihat dari persentase observasi minat belajar siswa pada siklus I mencapai 67,85% (kriteria cukup), pada siklus II mencapai 78,57% (kriteria baik), persentase angket minat belajar siswa pada siklus I mencapai 71,42% (kriteria cukup), pada siklus II mencapai 85,71% (kriteria sangat baik), dan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa yaitu dilihat dari persentase ketuntasan belajar matematika siswa mencapai 50% pada siklus I, dan 78,57% pada siklus II. Hal ini memberikan sumbangan positif bagi guru untuk menggunakan model pembelajaran TGT sebagai alternatif pembelajaran.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i2.2230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.