EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 3 Kutowinangun tahun ajaran 2013/2014. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kutowinangun yang terdiri dari 6 kelas. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII C dan kelas VIII A yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes pilihan ganda. Data analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Dari hasil analisis data uji hipotesis dengan uji-t pihak kanan diperoleh nilai thitung = 1,704 dengan taraf signifikansi α = 5%, dan ttabel = 1,645. Nilai thitung lebih besar dari ttabel (1,704 > 1,645) sehingga diperoleh keputusan ujinya H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i2.2229
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.