PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS VII A MTS MA’ARIF AMBARWINANGUN

Anggara Bari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan kombinasi model pembelajaran jigsaw dan talking stick dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII A MTs Ma’arif Ambarwinangun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas VII A MTs Ma’arif Ambarwinangun tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi yang berpedoman pada lembar observasi dan metode tes yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukan persentase keaktifan belajar dengan kategori minimal baik pada siklus I mencapai 60% dan pada siklus II mencapai 80%. Sedangkan rerata prestasi belajar siswa pada pra siklus yaitu 60,55 dengan ketuntasan belajar 40%. Pada siklus I mencapai 66,7 dengan ketuntasan belajar 70%. Dan pada siklus II mencapai 74,7 dengan ketuntasan belajar 85%. Jadi penggunaan kombinasi model pembelajaran jigsaw dan talking stick dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII A MTs Ma’arif Ambarwinangun.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i2.2228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.