PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING

Lusianti .

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemandirian belajar dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII B SMP Negeri 15 Purworejo. Jenis penelitian ini adalah (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan 1 kali evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa: (1) lembar keterlaksanaan pembelajaran strategi problem based learning, (2) lembar observasi kemandirian belajar, (3) angket kemandirian belajar, (4) tes prestasi belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pembelajaran dengan menggunakan strategi problem based learning dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa, yaitu dapat dilihat dari persentase kemandirian belajar siswa sebesar 74,24% pada siklus II, terwujud dari siswa mempunyai inisiatif dalam belajar, bertanggung jawab dalam kegiatan belajar, siswa tidak tergantung kepada siswa lain, siswa percaya diri, siswa disiplin dalam belajar. (2) pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa yang dapat dilihat dari nilai rata-rata pada setiap siklusnya yaitu dari siklus I 68,06 dengan ketuntasan klasikal 53,13% dan meningkat lagi pada siklus II mencapai 76,88 dengan ketuntasan klasikal 90,63%. Hal ini ditandai dengan siswa mengerjakan sendiri setiap soal yang diberikan guru.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i1.2224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.