EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS PADA MATERI SEGIEMPAT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 2 MIRIT TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui siswa mana yang mempunyai prestasi belajar lebih baik yang diajarkan dengan pembelajaran ARIAS atau ekspositori. Siswa mana yang prestasinya lebih baik antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah. Serta siswa mana yang prestasinya lebih baik antara siswa yang dikenai pembelajaran ARIAS dan Ekspositori ditinjau dari motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental semu. Uji prasyarat analisis untuk uji normalitas menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas variansi menggunakan metode Bartlett dengan uji Chi Kuadrat. Uji keseimbangan menggunakan uji anava satu jalan dan untuk analisis data dilanjutkan uji hipotesis dengan menggunakan uji anava dua jalan sel tak sama. Berdasarkan uji hipotesis disimpulkan bahwa (1) tidak terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa dengan pembelajaran ARIASjika dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori pada materi segiempat, (2) prestasi siswa yang memiliki motivasi belajar rendahlebih baik daripada sedang. Tidak terdapat perbedaan prestasi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan sedang, dan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan rendah. (3) tidak terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang dikenai pembelajaran ARIAS dan Ekspositori ditinjau dari motivasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i1.2223
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.