EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) DAN JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Mina Setiyawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) lebih baik dari pada prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw. Metode penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen semu (quasi experimental design). Uji hipotesis menggunakan ekor kanan dengan uji t, dengan prasyarat analisis data terdiri dari uji normalitas dengan metode Lilifors dan uji homogenitas dengan menggunakan metode Barlett. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai tes prestasi belajar matematika kelas eksperimen I sebesar 72,476 dan kelas eksperimen II sebesar 67,122. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji-t didapat t_hitung sebesar dan t_tabel 2,338 sebesar 1,591 dengan taraf signifikan 0,05, sehingga t_hitung > t_tabel yang menyebabkan H_0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) lebih baik dari pada dengan model pembelajaran Jigsaw pada siswa kelas VIII SMP N 2 Sruweng tahun pelajaran 2014/2015

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i1.2220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.