PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI)

Duwi Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa dengan pendekatan PMRI kelas VIIA di SMP N 15 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan persentase dan rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil nilai persentase minat belajar mengalami peningkatan yaitu persentase minat belajar pada siklus I sebesar 40,625% dengan kategori kurang baik dan pada siklus II mencapai 71,875% dengan kategori baik. Selain itu hasil belajar juga meningkat, pada siklus I persentase ketuntasan belajar sebesar 44% dengan rata-rata 73,01 sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan belajar sebesar 78% dengan rata-rata 80,67.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i1.2219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.