HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN CARA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KECAMATAN NGOMBOL

Retno Yustanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan motivasi belajar mate-matika dengan prestasi belajar matematika, cara belajar matematika dengan prestasi belajar matematika, serta motivasi belajar matematika dan cara belajar matematika secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Data motivasi belajar matematika dan cara belajar matematika diperoleh dengan menggunakan angket, serta data prestasi belajar matematika diperoleh dengan meng-gunakan soal tes. Analisis data yang digunakan adalah korelasi Kendal Tau dan koefisien Kon-kordansi Kendal (Kendal W). Dari penelitian ini diperoleh hitung= 222,65 maka nilai hitung > tabel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan motivasi belajar matematika dan cara belajar matematika secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Ngombol Tahun Pelajaran 2013/ 2014.

 

Kata kunci: motivasi belajar, cara belajar, dan prestasi belajar

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v15i2.2169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.