KETERAMPILAN BERHITUNG MATEMATIKA SISWA KELAS V SD/MI DI DESA GADINGREJO KECAMATAN KEPIL KABUPATEN WONOSOBO
Abstract
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan keterampilan berhitung matematika siswa kelas V SD/MI di Desa Gadingrejo. Keterampilan berhitung matematika meliputi empat tahap, yaitu prosedur menghitung semua (counting-all), prosedur menghitung pada (counting-on), fakta prosedur diturunkan (direved fact), dan prosedur fakta yang diketahui (known fact). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa masih cenderung berada pada tahap counting-on yaitu siswa berhitung menggunakan perpaduan antara pikiran dan jari tangan.
Kata kunci: keterampilan berhitung matematika, counting-all, counting-on, direv-ed fact, known fact
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v15i2.2165
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.