UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING

Dwi Ernawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing pada pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII G SMP Negeri 33 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII G semester 2 SMP Negeri 33 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 32 siswa. Obyek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada pembelajaran matematika materi kubus dan balok. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, dan tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkat-kan kreativitas belajar siswa yaitu dilihat dari persentase kreativitas belajar siswa pada siklus I mencapai 73,22% (kriteria cukup), pada siklus II mencapai 78,66% (kriteria baik), dan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa yaitu dilihat dari persentase prestasi belajar matematika siswa mencapai 40,63% pada siklus I, 78,13% pada siklus II. Hal ini memberikan sumbangan positif bagi guru untuk menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing sebagai alternatif pembelajaran.

 

Kata kunci: Snowball Throwing, kreativitas, prestasi belajar matematika.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v15i2.2160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.