PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING

Sapto Hardianto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakahpenerapan model pembelajaran snowball throwingdapat meningkatkan keaktifan dan prestasibelajar matematikasiswa kelas VIII B SMP Negeri 17Purworejo.Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII G semester 2 SMP Negeri 17 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 32 siswa. Obyek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada pembelajaran matematika materi prisma dan limas.Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasidan tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa yaitu dilihat dari persentase keaktifan belajar siswa pada pra siklus mencapai 40,62%, pada siklus I mencapai 65,62%, pada siklus II mencapai 75%dan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa yaitu dilihat dari persentase prestasi belajar matematika siswa pada pra siklus mencapai 37,50%, mencapai 59,37% pada siklus I, 78,12% pada siklus II. Hal ini memberikan sumbangan positif bagi guru untuk menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing sebagai alternatif pembelajaran.

 

Kata kunci: Snowball Throwing, keaktifan, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v15i1.2154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.