EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TTW DAN STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 28 PURWOREJO
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada yang dikenai model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Metode penelitian ini adalah eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014, yang terdiri dari 6 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Uji hipotesis dilakukan setelah uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas dengan Lilliefors dan uji homogenitas variansi dengan metode Bartlett. Uji hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Dari analisis data diperoleh hasil tobs = 3,455 > 1,645 = ttabel dengan kata lain H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada yang dikenai model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD).
Kata kunci: Think Talk Write (TTW), Student Team Achievement Division (STAD), prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v15i1.2152
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.