PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE TS-TS BERBANTU LKS TERSTRUKTUR

Andeh Fidiana Ningrum

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah metode pembelajaran kooperatif tipe TS-TS berbantu LKS Terstruktur dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar pada siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Kepil tahun pelajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A semester 2 SMP Negeri 3 Kepil tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 28 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran TS-TS Berbantu LKS Terstruktur pada materi bangun datar. Data dikumpulkan melalui metode observasi, metode tes, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa metode pembelajaran TS-TS dapat meningkatkan minat belajar siswa yaitu dilihat dari persentase minat belajar siswa mencapai 82,14% pada akhir siklus II terwujud dari siswa rajin mengikuti pelajaran, siswa saling bersaing untuk maju di depan kelas ketika guru memberikan tugas, dan siswa mulai berani mengajukan pertanyaan. Metode pembelajaran TS-TS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu dilihat dari ketuntasan klasikal prestasi belajar siswa mencapai 46,43% pada siklus I, dan meningkat 78,57% pada siklus II terwujud dari siswa berusaha mengerjakan semua soal baik yang mudah dan sulit sampai bisa serta siswa siswa berani maju di depan kelas untuk mengerjakan soal.

 

Kata kunci: TS-TS, minat belajar, prestasi belajar, LKS terstruktur


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v15i1.2151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.