EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN SNOWBALL THROWING MATERI SEGIEMPAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Lia Nurinda

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Make A Match lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan ceramah pada materi segiempat kelas VII semester genap SMP Negeri 4 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Purworejo sebanyak 8 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Dari pengambilan sampel diperoleh  kelas VII C sebagai kelas Eksperimen I, Kelas VII H  sebagai kelas Eksperimen II dan Kelas VII F sebagai kelas kontrol. Uji prasyarat analisis variansi menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Barlett untuk uji homogenitas. Uji Hipotesis menggunakan uji anava satu jalan dengan sel tak sama menunjukkan hipotesis pertama thitung = 20.694 > 6.190 = ttabel berarti prestasi belajar siswa dengan Make A Match lebih baik daripada prestasi belajar siswa dengan ceramah, hipotesis kedua thitung = 2.092 > 6.190 = ttabel berarti prestasi belajar siswa dengan Make A Match tidak ada perbedaan dengan prestasi belajar siswa dengan Snowball Throwing dan hipotesis ketiga thitung = 9.373 > 6.190 = ttabel berarti prestasi belajar siswa dengan Snowball Throwing lebih baik daripada ceramah.

Kata kunci: prestasi belajar, Make A Match, Snowball Throwing


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v15i1.2144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.