EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CIRC DAN RME TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA

Fajar Rahmayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) hasil belajar dengan model CIRC lebih baik dari RME, (2) pada CIRC, hasil belajar dengan keaktifan tinggi lebih baik dari keaktifan sedang dan rendah, serta keaktifan sedang lebih baik dari keaktifan rendah, (3) pada RME, hasil belajar dengan keaktifan tinggi lebih baik dari keaktifan sedang dan rendah, serta keaktifan sedang lebih baik dari keaktifan rendah, (4) hasil belajar dengan keaktifan tinggi lebih baik dari keaktifan sedang dan rendah, serta keaktifan sedang lebih baik dari keaktifan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Ramdon Sampling. Sampel dalam penelitian ini ada dua kelas yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Pengumpulan data dengan metode dokumentasi, angket, dan tes. Hasil analisis menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama menunjukkan bahwa Tobs < Ttabel sehingga Ho diterima. Dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan baik model pembelajaran maupun keaktifan siswa terhadap hasil belajar.

Kata kunci: CIRC, RME, keaktifan siswa, hasil belajar

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i3.1857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.