EKSPERIMENTASI METODE RESITASI BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Ngainul Istiqomah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika  yang dikenai metode resitasi berbantuan media powerpoint lebih baik dari pada strategi pembelajaran ekspositori materi segitiga siswa kelas VII MTs KHR ILYAS Tambakrejo tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu dengan teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes yang sudah diujicobakan dan sudah memenuhi validitas dan reliabilitas. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji-  dengan taraf signifikansi 5%, yang sebelumnya telah memenuhi syarat normalitas dan homogenitas. Hasil uji hipotesis dari data setelah perlakuan menunjukkan nilai  dan . Karena  maka  ditolak yang berarti prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan metode resitasi berbantuan media powerpoint lebih baik dibandingkan dengan strategi pembelajaran ekspositori pada materi segitiga.

Kata kunci : metode resitasi, powerpoint, segitiga


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i3.1856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.