PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI KOMBINASI STRATEGI PEMBELAJARAN MAKE A-MATCH DENGAN THE POWER OF TWO
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kombinasi strategi pembelajaran Make A-Match dengan The Power of Two dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa SMP N 1 Adimulyo kelas VIID tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIID SMP N 1 Adimulyo tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan rerata dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan kombinasi strategi pembelajaran Make A-Match dengan The Power Of Two dapat dikatakan bahwa keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIID SMP N 1 Adimulyo meningkat. Hal ini dapat ditunjukkan ketika siklus I keaktifan belajar siswa mencapai 67,37 % sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 83,2%. Selain itu prestasi belajar matematika siswa juga meningkat dari rerata nilai 67,78 dengan ketuntasan klasikal sebesar 62,5% menjadi 76,41 dengan ketuntasan klasikal 81,25% pada siklus II. Jadi, kombinasi strategi pembelajaran Make A-Match dengan The Power Of Two dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika.
Kata kunci: keaktifan, prestasi, Make A-Match, The Power Of Two.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i3.1855
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.