EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NHT BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN PRESTASI BELAJAR

Wiji Febriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) Kepercayaan diri siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT )dengan berbantuan media manipulatif lebih baik dari pada model pembelajaran ekspositori; (2) Prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media manipulatif lebih baik daripada model pembelajaran ekspositori. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan perhitungan uji t disimpulkan bahwa: (1) Kepercayaan diri siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan berbantuan media manipulatif tidak lebih baik daripada model pembelajaran ekspositori; (2) Prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHTdengan berbantuan media manipulatif lebih baik daripada model pembelajaran ekspositori.

Kata kunci: kepercayaan diri, prestasi,Number Head Together (NHT), media manipulatif


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i3.1854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.